Home / BERITA DAN KEGIATAN / Dana Desa Meningkat 40 Persen

Dana Desa Meningkat 40 Persen

DANA-DESA-735x400

KAYUAGUNG, PE – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), tetap memposisikan desa sebagai fokus utama pembangunan. Pemberian Dana Desa langsung dari APBN, APBD dan Bagi Hasil Lelang Lebak Lebung (L3) untuk dikelola masyarakat desa adalah salah suatu bukti konkrit bahwa Pemerintahan H Iskandar SE menjalankan janjinya untuk membangun dari pinggiran dan
desa-desa.

Tahun ini, Dana Desa dinaikkan jumlahnya menjadi Rp120 Miliar atau meningkat 40 persen dibanding 2016. Artinya, setiap desa akan mengelola uang secara mandiri sebesar Rp500-800 juta. Selain itu, desa-desa di OKI pada tahun 2017 ini diguyur dana Bagi Hasil Pajak Daerah, Retribusi Daerah dan Hasil Lelang Lebak Lebung (L3) hingga Rp6,2 Miliar atau meningkat sebanyak 5 persen dari tahun sebelumnya.

Iskandar berharap dana desa ini mampu menjadi stimulan geliat ekonomi di desa. “Meski disana sini terjadi pemangkasan, dana desa tetap jadi prioritas kami. Dana desa ini bisa menjadi stimulant terhadap percepatan pembangunan di desa,” ujar Iskandar.

Dalam mengawal Dana Desa agar tepat sasaran, Iskandar mendorong dibentuknya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang bisa menjadi alat bagi desa untuk mewujudkan kemandirian secara ekonomi.

“BUM-Des ini menjadi wadah membangun ekonomi desa. Bisa dengan membentuk unit usaha pertanian, peternakan, kerajinan UMKM. Juga bias membentuk unit usaha simpan pinjam, penyewaan alat-alat, termasuk unit usaha jual beli/perdagangan,” bebernya.

Selain meningkatkan dana desa pada tahun ini Pemerintah Kabupaten OKI juga menaikkan tunjangan bagi para kepala desa, perangkat desa dan BPD. “Kami tau tugas bapak Ibu kades sangat berat untuk itu tunjungan Kepala Desa, BPD dan Perangkat Desa kami naikkan Rp3 juta/desa,” cetus Iskandar saat penyerahan DD di Kecamatan Mesuji, Senin (20/3).

Di tahun 2017 ini Pemkab OKI bekerjasama dengan Bank BNI dalam hal penyaluran dana desa, Untuk memudahkan pencairan, BNI telah menempatkan kantor kas di beberapa kecamatan di Kabupaten OKI. Dalam penyaluran Dana Desa dan Bagi Hasil Lelang Lebak Lebung (L3) melalui Bank Sumsel Babel.

Sumber : palpres.com